Jumat 07 Jun 2013 22:21 WIB

Kemenangan Alex Noerdin Bukti Rasional Pemilih

Rep: Maspril Aries/ Red: Hazliansyah
Alex Noerdin
Foto: ROL/Fafa
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kemenangan pasangan Alex Noerdin – Ishak Mekki dari hasil hitung cepat atau quick count Pemilukada Gubernur – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2013–2018 tidak terlepas dari janji politik melalui program yang ditawarkan kepada rakyat Sumatera Selatan.

"Kemenangan pasangan Alex Noerdin – Ishak Mekki merupakan kemenangan program yang sudah dibuktikan dan program yang akan ditawarkan dalam janji-janji politik saat kampanye. Program sekolah dan berobat gratis ternyata mempengaruhi pemilih untuk memilih incumbent," ujar pengamat politik Yunarto Wijaya dari Charta Politika, Jumat (7/7) di Palembang.

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika ini, kemenangan yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat dan PPB ini juga merupakan kemenangan rasional pemilih. "Pemilih lebih memilih kandidat yang terbukti dan teruji dibanding kandidat yang mengusung janji perubahan," sebut dia.

Meski Alex Noerdin diterpa berbagai isu miring, menurut Yunarto Wijaya, pemilih tidak terpengaruh karena sudah merasakan program yang dilaksanakan pada periode pertama masa jabatan Alex sebagai Gubernur Sumsel periode 2008 – 2013.

Setelah sukses menjalankan program sekolah gratis dan berobat gratis yang akan ditingkatkan kualitasnya, menurut Yunarto, pada masa jabatan periode kedua Alex Noerdin bersama pasangan Ishak Mekki setelah dilantik akan merealisasikan janji-janji politiknya seperti kuliah gratis dan membangun puskesmas Pratama di seluruh kecamatan, serta meningkatkan mutu dan kualitas program sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement