Jumat 07 Jun 2013 10:25 WIB

Warga Sukabumi Diminta Waspadai Longsor

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dewi Mardiani
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Curah hujan di wilayah Kabupaten/Kota Sukabumi mulai kembali tinggi. Bahkan, hujan mengguyur wilayah Sukabumi selama seharian penuh pada Kamis (6/6) lalu.

‘’Warga diminta mewaspadai terjadinya longsor,’’ ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar. Pasalnya, di luar perkiraan pada Juni ini intensitas hujan masih tinggi.

Menurut Irwan, hujan yang deras selama berjam-jam berpotensi menyebabkan longsor. Sehingga masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana harus meningkatkan kewaspadaan.

Bencana longsor misalnya terjadi di Kampung Bagbagan RT 01 RW 03 Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu pada Kamis pagi. Dampaknya, sebanyak satu rumah mengalami rusak dan empat rumah warga lainnya dalam kondisi terancam.

‘’Bantuan darurat sudah disalurkan kepada korban bencana,’’ ujar Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo. Selain itu BPBD juga menyalurkan bantuan alat penahan longsor bronjong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement