Kamis 06 Jun 2013 23:02 WIB

Alex Noerdin Menang Pilgub Sumsel Versi Hitung Cepat

Rep: Maspril Aries/ Red: Dewi Mardiani
Alex Noerdin
Foto: ROL/Fafa
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Hasil hitung cepat atau quick count pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Gubernur – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) 2013 – 2014, Kamis (6/6) mengunggulkan pasangan Alex Noerdin – Ishak Mekki.

Dari hasil hitung cepat tiga lembaga survei, Indo Barometer, Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) dan Pusat Kajian dan Kebijakan Pembangunan Strategis (Puskaptis) pasangan nomor urut empat yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Bulan Bintang ini unggul atas tiga pasangan calon lainnya, Eddy Santana Putra – Anisa D Supriyanto, Iskandarr Hasan – Hafisz Thohir dan Herman Deru – Maphilinda Boer.

Dari hasil hitung cepat Puskaptis, walau data belum masuk 100 persen, pasangan Alex Noerdin – Ishak Mekki memperoleh 35,03 persen, pasangan nomor urut dua Herman Deru – Maphilinda memperoleh 33,23 persen, pasangan nomor urut satu Eddy Santana Putra – Anisa D Supriyanto memperoleh 17,44 persen dan pasangan nomor urut dua Iskandar Hasan - Hafisz Tohir memperoleh 14,31 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, ”Data suara yang masuk memang belum selesai dengan masih menyisahkan suara sekitar 14 persen saja, tapi diprediksi pergeseran yang terjadi tidak akan terlalu signifikan.”Dalam hasil hitung cepat Puskaptis menggunakan teknik multistage random sampling dengan responden sample sebanyak 440 TPS yang tersebar di 440 kelurahan/desa, 92 kecamatan, dan 15 kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Pasangan Alex Noerdin - Ishak Mekki unggul di sembilan kabupaten/kota di antaranya Palembang, Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Lahat, Empat Lawang dan Banyuasin. Pasangan Herman Deru - Maphilinda unggul di lima kabupaten/kota yaitu Prabumulih, Pagaralam, OKU Selatan, OKU Timur, dan Muara Enim.

Sementara pasangan Iskandar-Hasan unggul di kota Lubuk Linggau. ”Angka partisipasi pada pemilihan gubernur kali ini sekitar 66 persen,” ujar Husin Yazid.Tak berbeda dengan hasil hitung cepat yang dilakukan Indo Barometer. Lembaga yang dipimpin Qodari ini menempatkan pasangan Alex Noerdin - Ishak Mekki unggul dari tiga pasangan calon lainnya dengan memperoleh 36,05 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement