Kamis 06 Jun 2013 13:56 WIB

Longsor Terjang Palabuhanratu, Sejumlah Rumah Rusak

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Longsor menerjang permukiman warga di Kampung Bagbagan RT 01 RW 03, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (6/6).

Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan karena tertimbun material longsoran.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, bencana terjadi sekitar pukul 02.45 WIB. Peristiwa ini terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan deras selama berjam-jam.

Data dari kecamatan, jumlah rumah yang mengalami kerusakan mencapai tiga unit. Rincianya, dua unit rumah rusak ringan dan satu unit lainnya rusak sedang.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan hanya satu rumah yang rusak dan tiga unit lainnya terancam.

‘’Para warga yang tinggal di rumah tersebut akan diungsikan,’’ ujar Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo, kepada wartawan.

Evakuasi ini untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan. Menurut Usman ada  lima kepala keluarga (KK) yang terkena dampak bencana.  Jumlah jiwa yang tinggal di empat rumah mencapai 26 orang.

PBD, lanjut Usman, langsung menyalurkan bantuan darurat kepad para korban. Selain itu BPBD membawa bronjong untuk menahan pergerakan tanah.

Camat Palabuhanratu, Dedi Chardiman menambahkan, petugas di lapangan juga berupaya membendung air sungai agar tidak meluap. Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan debit air sungai naik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement