Senin 03 Jun 2013 11:47 WIB

Warga Diminta Galakkan Perilaku Hidup Bersih

Rep: Hazliansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Suami istri bersihkan rumah/ilustrasi
Foto: sheknows.com
Suami istri bersihkan rumah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, HUIDU UTARA, GORONTALO -- Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Vita Gamawan Fauzi, meminta masyarakat terus menjalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka mendukung Gerakan Indonesia Berseri.    

"Saya harapkan indikator perilaku hidup sehat dan bersih sudah jadi budaya masyarakat di sini untuk dilaksanakan setiap hari," ujar Vita Gamawan Fauzi, Senin (3/6), di sela-sela Kegiatan Road Show Semarak PKK-KB Dalam Rangka Peringatan Hari Keluarga XX Tingkat Nasional di Desa Huidu Utara, Kecamatan Limboto Barat, Gorontalo.  

Perilaku hidup sehat, lanjut Vita, diharapkan dapat menjadikan seseorang atau keluarga menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.

Berbicara terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadidjah Tayeb, mengatakan, pihaknya melalui empat pokja telah melaksanakan beberapa program lainnya, seperti kelompok lansia kecamatan, tim konseling perlindungan anak dan perempuan, penyuluhan narkoba dan HIV/AIDS untuk seluruh SMU sederajat.

"Kita juga melakukan sosilisasi parenting skill untuk menjadi orang tua yang baik, agar terbina mentalitas dan berguna di masa depan mereka," kata Hadidjah.

Road show Semarak PKK-KB kali ini dilaksanakan untuk melihat program-program yang telah dijalankan tim penggerak PKK atau BKKBN. Program dilihat apakah berjalan atau tidak, memberi manfaat atau tidak.

Salah satu lokasi yang ditinjau adalah di Desa Huidu Utara, Kecamatan Limboto Barat, Gorontalo. Di desa tersebut, Vita melihat sejumlah program yang dijalankan. Diantaranya pembuatan Tambati Lopolotopajo (tempat merokok di depan rumah) serta Warung Tulohupa (warung yang menjual hasil kebun masyarakat).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement