Jumat 31 May 2013 00:16 WIB

Dokter Spesialis Dinilai Lebih Pentingkan RS Swasta

Ilustrasi.
Foto: thyroidlesslife.com
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Sejumlah dokter spesialis di RSU Abdul Manap Kota Jambi dinilai lebih mementingkan praktik di rumah sakit swasta daripada di RSU milik Pemerintah.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Jambi, Daru Pramtomo, Kamis (31/5), kondisi inilah yang membuat pelayanan publik di RSU tersebut menjadi minim, utamanya pelayanan dokter spesialis. "Begitu banyak dokter spesialis di Kota Jambi, namun mereka lebih mengutamakan praktik di RS swasta," ujarnya.

Ia mengatakan, walau bukan PNS, namun sejumlah dokter spesialis tersebut telah diberikan izin oleh Pemkot Jambi untuk praktik di RSU Abdul Manap guna meningkatkan pelayanan, khususnya pelayanan spesialis kepada masyarakat. "Mereka ada izin praktik dari kita di RSU Abdul Manap. Namun sayangnya, mereka lebih mementingkan untuk berpraktik di RS swasta daripada di RSU," katanya.

Para dokter spesialis ini, sebut Sekda, juga harus memberikan kontribusi yang lebih bagi rumah-rumah sakit pemerintah, seimbang dengan pelayanan mereka di RS swasta.

Untuk itu Sekda akan mengumpulkan para dokter spesialis tersebut dan mengundang IDI, Dinas Kesehatan serta RS swasta untuk mencari solusi atas persoalan itu. "Persoalan ini yang masih sulit kita temukan jalan keluarnya, sebab melibatkan pihak-pihak lain. Kalau persoalan lain sudah kita tangani," kata Sekda.

Pernyataan itu disampaikan Daru menyikapi catatan khusus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas buruknya pelayanan publik di beberapa instansi pemerintah di kota itu. "Ada catatan khusus bagi pelayanan di RSU Abdul Manap, terutama dengan pelayanan dokter spesialis," katanya.

Catatan itu disampaikan oleh tim dari KPK pada Kamis (30/5) saat mendatangi Pemkot Jambi dan menggelar pertemuan dengan Sekda Kota Jambi serta perwakilan dari sejumlah SKPD yang ada di lingkungan Pemkot Jambi, seperti Dinas Kesehatan, RSUD Abdul Manap, Dinas Pendidikan, serta Dinas Pehubungan.

Secara umum, lanjut Daru, kedatangan tim KPK itu untuk mencek respon dan tindak lanjut Pemkot atas sejumlah temuan KPK di Jambi beberapa waktu lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement