Senin 27 May 2013 10:55 WIB

Harga Cabai di Palembang Capai Rp 50 Ribu per Kg

Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Harga cabai merah besar di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu dan beberapa pasar lainnya di Palembang tercatat Rp 50 ribu per kilogram (kg), melonjak dibandingkan sebelumnya hanya Rp 28 ribu per kg.

"Harga cabai merah besar mengalami kenaikan drastis karena pasokan barang didatangkan pedagang pengumpul ke pasaran berkurang," kata Rifin, pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang, Senin (27/5). Menurut dia, cabai merah besar selain pasokan berkurang juga nilai tebus dari agen lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Pernyataan senada juga dikemukakan Ny Rusdi, pedagang di pasar tradisional Simpang Sungki bahwa stok cabai merah di agen memang jumlahnya terbatas. Ia mengaku, biasanya setiap hari mendapat jatah kisaran 30 hingga 40 kg, dan hari ini hanya kebagian 10 kg saja.

Menurut dia, para pedagang pengecer bisanya menerima pasokan cabai merah dari pasar induk Jakabaring, karena di pasar itu termpat mengumpulnya pasokan sayur-mayur dari daerah sentra produksi. Memang, kata dia, khusus cabai merah baik harga maupun pasokan barang tidak bisa diperkirakan, bisa saja hari ini harga jual tinggi dan besok pagi mengalami penurunan secara drastis tergantung dengan kondisi stok barang di pasaran.

Biasanya kalau petani melakukan panen secara bersamaan, dengan sendirinya pasokan cabai merah ke pasaran akan melimpah yang memicu harga jual menjadi turun drastis, katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement