Ahad 26 May 2013 13:19 WIB

Pilgub di Pecinan Diwarnai Kekurangan Surat Suara

Rep: S Bowo Pribadi / Red: Djibril Muhammad
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kekuarangan jumlah surat suara mewarnai pelaksanaan pemungutan suara di kawasan pecinan Semarang, Ahad (26/5). Berdasarkan pantauan di lapangan, kekurangan surat suara ini terpantau di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Khususnya di wilayah Kelurahan Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Di TPS 6 Kelurahan Kranggan jumlah DPT yang terdaftar mencapai 495. Namun TPS ini hanya menerima 493 surat suar dari KPU Kota Semarang.

Di TPS 3 Kelurahan Kranggan dilaporkan juga terjadi kekurangan surat suara. Jumlah DPT di TPS ini mencapai 553 pemilih, namun hanya mendapatkan 518 surat suara.

Ketua KPPS di TPS 6, Susanto mengatakan kekurangan surat suara ini tidak mengganggu pelaksanaan pilgub Jateng. Pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Kota Semarang. "Solusinya, kekurantgan surat suara ini akan dicarikan dari TPS lain di wilayah Kranggan," ujarnya.

Karena, jelas Susanto, di beberapa TPS yang ada di wilayah pecinan ini juga ada beberapa TPS yang mendapatkan surat suara lebih. "Seperti di TPS 5 Kelurahan Kranggan, jumlah DPT hanya 550 pemilih, namun TPS ini menerima sebanyak 664 surat suara," jelasnya.

Terkait hal ini Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik menduga hal ini akibat kekurangan karena pengiriman dari KPU Kota Semarang. "Kkekurangan surat suara karena pengiriman ini masih dapat diatasi. Karena di KPU Kota Semarang masih ada cadangan --misalnya--  untuk surat suara rusak," katanya menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement