Sabtu 25 May 2013 13:07 WIB

PKB Bantah Tunggangi 'Sang Kiai' untuk Politik

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Poster film 'Sang Kiai'
Foto: FACEBOOK
Poster film 'Sang Kiai'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Dewan Koordinasi Nasional Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (DKN Garda Bangsa) menepis anggapan memanfaatkan sosialisasi film "Sang Kiai" demi keuntungan politik 2014.

Bagi PKB dan DKN Garda Bangsa, sosialisasi "Sang Kiai" murni untuk memberi pemahaman sejarah ke masyarakat tentang jalan hidup Kiai, Hasyim Asy'ari.

"Film ini perlu ditonton oleh siapapun termasuk mahasiswa," kata politisi PKB, Abdul Malik Haramain kepada wartawan di Jakarta,  Sabtu (24/5).

Malik mengatakan film "Sang Kiai" memberi pencerahan di tengah kemerosotan nilai-nilai kebangsaan. Dia percaya jalan hidup KH. Hasyim Asy'ari akan memberi makna bagi generasi muda. "Film ini hadir di saat yang tepat," ujarnya.

Film "Sang Kiai" akan diputar serentak di 30 bioskop seluruh Indonesia pada 30 Mei mendatang. Malik mengatakan film ini akan memperlihatkan perjuangan KH. Hasyim Asy'ari melawan pejajah Jepang dan awal kemerdekaan RI.

Abdul Malik meyakini film ini bisa menjadi model perlawanan kebudayaan dari berbagai pengaruh budaya asing. “Tokoh-tokoh NU berkontribusi besar bagi bangsa Indonesia, mereka semua pahlawan yang patut kita teladani," kata Malik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement