Selasa 21 May 2013 13:00 WIB

Warga Kudus Diimbau Waspada Puting Beliung

Puting Beliung
Foto: antara
Puting Beliung

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Sudiarso mengimbau masyarakat mewaspadai ancaman puting beliung karena beberapa daerah di wilayah itu sudah dilanda bencana tersebut.

"Berdasarkan catatan kami, selama 2013 memang ada tiga daerah yang mengalami peristiwa puting beliung, meskipun sebelumnya belum pernah mengalaminya," ujarnya di Kudus, Selasa.

Bencana itu terjadi di Desa Japan, Kecamatan Dawe, dan di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, yang mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak akibat diterjang puting beliung. Kejadian terbaru di Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, yang mengakibatkan puluhan rumah rusak.

Ia mengakui, saat ini sesuai prakiraan sudah memasuki musim kemarau, namun kenyataannya masih sering turun hujan. Untuk itu, kata dia, masyarakat perlu memahami kondisi cuaca yang terjadi saat ini serta waspada dengan segala kemungkinan terjadinya bencana alam.

Terkait dengan bencana puting beliung di Desa Undaan Kidul, katanya, BPBD Kudus juga memberikan bantuan logistik berupa beras 30 paket dengan jumlah per paket sebanyak 5 kg, biskuit empat paket, mi instan 20 dos, dan air mineral 18 dos.

"Bantuan tersebut, sudah diserahkan pada Senin (20/5) sore, bersemaan dengan kerja bakti warga membersihkan genting rumah usai diterjang angin," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement