Rabu 15 May 2013 17:09 WIB

Resmi Jadi Cagub, Eggy Sudjana Bawa Sapi ke KPU

Rep: Andi Ikhbal/ Red: A.Syalaby Ichsan
Eggy Sudjana (kiri).
Foto: Antara
Eggy Sudjana (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Meski sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat, bakal calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) jalur independen, Eggy Sudjana dan Muhammad Sihat resmi terdaftar.

Rabu (15/5) ini, kedua pasangan tersebut tercatat sebagai calon dalam Pemilukada 2013 mendatang. Dengan membawa arak-arakan reog serta hewan sapi hibah, kedua pasangan tersebut mendatangi kantor KPU sekitar pukul 11.20.

Namun, hewan yang rencananya akan diberikan pada KPU, ditolak. Padahal, menurut Eggy, pihaknya hanya ingin memberikan hibah tersebut agar dapat diteruskan ke masyarakat.

Dia menilai, sapi mempunyai pesan moral yang filosofis, yakni KPU seharusnya memotong hewan tersebut, bukan dirinya yang akan maju sebagai cagub.

“Jangan korbankan saya, karena itu itu saya menyediakan sapi,” kata Eggy dalam sambutannya di aula pendaftaran pemilu gedung KPU.

Dia juga menyoroti kinerja KPU yang dinilai merugikan usai penyerahan berkas Kamis (11/4), Eggi dan Sihat dinyatakan memenuhi syarat. Namun, dia mempertanyakan, kenapa saat sampai ke wilayah setempat, justru dianggap tidak layak.

Padahal, dia menjelaskan, ketika itu pihaknya mendapat surat resmi yang ditandatangani oleh Ketua KPU Andre Dewanto. Surat tersebut menyatakan, berkas pasangan itu memenuhi syarat. Karena, jumlah KTP-nya hampir mencapai 1,2 juta, kemudian sebaran di wilayah Jatim telah mencangkup 37 kabupaten/kota.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement