Selasa 14 May 2013 14:55 WIB

PT KCJ Siapkan 323 Gate E-Ticketing

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Dewi Mardiani
Sejumlah calon penumpang mengantre tiket kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Foto: Antara
Sejumlah calon penumpang mengantre tiket kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang penerapan sistem tiket elektronik atau e-ticketing, PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) telah menyiapkan 323 gate di 63 stasiun di Jabodetabek. Nantinya, untuk dapat memasuki stasiun, setiap penumpang harus melewati gate ini dengan menggunakan e-ticket.

Humas PT KCJ, Eva Chairunnisa, mengatakan 323 gate tersebut telah disiapkan untuk peluncuran awal. Namun, ke depannya, ada kemungkinan penambahan gate. "Kalau jumlah penumpangnya terus meningkat, kita akan tambah," kata dia, Selasa (14/5).

Dia juga mengatakan, untuk mendukung penerapan sistem e-ticketing tersebut, PT KCJ juga sudah menyiapkan 462 perangkat otomatis sistem, seperti monitor di loket, card dispenser, dan card reader di 63 stasiun di Jabodetabek.

Sementara, untuk uji coba sistem e-ticketing-nya sendiri sudah mulai dilakukan sejak 8 April 2013 lalu. "Kita juga sediakan satu loket khusus yang menjual tiket tiket elektronik," tambah dia. 

Menurut dia, grand launching sistem e-ticket akan dilakukan pada Juni 2013. Namun demikian, ia belum bisa pastikan mengenai tanggal peluncurannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement