Ahad 12 May 2013 14:59 WIB

Seleksi SBMPTN, Unsoed Sediakan Kuota 963 Kursi

Rep: Eko Widyanto/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.
Foto: wordpress.com
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur penerimaan SBMPTN (Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri) mulai dibuka Senin (13/5) ini.

Melalui jalur penerimaan ini, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto akan menerima mahasiswa baru sebanyak 30 persen dari total kuota mahasiswa baru yang akan diterima.

''Kami memang mengalokasikan kursi mahasiswa baru melalui jalur penerimaan SBMPTN sebanyak 30 persen. Berdasarkan prosentase tersebut, maka seluruhya ada 963 mahasiswa baru yang diterima,'' jelas Humas Unsoed Endang Istanti, Ahad (12/5).

Kuota jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN, menurut Endang, hanya untuk program pendidikan S-1 yang tersebar di 22 program studi kelompok Saintek dan 12 program studi kelompok Soshuk.

Berdasarkan kuota tersebut, program studi paling sedikit menerima 15 mahasiswa baru dan paling banyak menerima 90 mahasiswa baru. Masing-masing program studi, ujarnya, memang tidak menerima mahasiswa baru dalam jumlah yang sama.

Melalui jalur SBMPTN ini, ada yang hanya menerima 15 mahasiswa baru, tapi ada yang menerima hingga 90 mahasiswa. "Tapi pada prinsipnya, kuota penerimaan hanya sebesar 30 persen,'' jelasnya.

Dikatakan Endang, dalam proses penerimaan baru tahun 2013 ini, Unsoed membuka perimaan mahasiswa baru melalu empat jalur penerimaan. Yakni, SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri), SBMTPN, UMB (Ujian Masuk Bersama) Nusantara yang diikuti 13 PTN se-Indonesia, dan Ujian Mandiri yang dilaksanakan secara mandiri oleh Unsoed.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement