Sabtu 11 May 2013 18:11 WIB

Kandidat Cabup Bupati Temanggung Saling Obral Janji

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Citra Listya Rini
Pilkada Temanggung (Ilustrasi)
Pilkada Temanggung (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Lima pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakol bupati (cawabup) Temanggung saling mengobral janji saat tampil dalam Debat Kandidat putaran pertama pada masa kampanye 8-22 Mei 2013 yang disiarkan TATV yang bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng).

Acara yang dihadiri Bupati Temanggung, Hasyim Afandi, Ketua KPUD Temanggung, Sudjatmiko, dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Temanggung, Murti Anggono serta para tim sukses pasangan cabup dan cawabup Budiarto-Dedi, Fuad Hidayat-Andoyo, Bambang Sukarno-Irawan Presetyadi, Hadi Kuswanto-Tri Murdoko dan pasangan Anif Punto-Budidoyo. 

Kelima pasangan calon diuji kompentensinya oleh tiga orang panelis ini saling mengumbar janji. Diawali dengan janji yang dilontarkan pasangan nomor urut satu, Budiarto-Dedi yang dengan sangat percaya diri akan menyelesiakan semua masalah tidak harus menunggu seratus hari kerja. 

''Tidak perlu 100 hari kerja, saat saya terpilih langsung saya canangkan pendidikan dan kesehatan gratis,'' kata Budiarto yang merupakan wakil bupati Temanggung ini, Jumat (10/5).

Selanjutnya, pasangan nomor urut dua, Fuad Hidayat-Andoyo yang menekankan pada masalah pemerataan pembangunan sampai ke pelosok desa. ''Kami akan membangun fasilitas kesehatan di setiap kecamatan serta membangun lebih banyak lagi infrastruktur pendidikan sampai ke pelosok desa,'' ujar Fuad.

Pasangan nomor urut tiga, Bambang Sukarno-Irawan membahas masalah pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan menjadikan desa dan kota sebagai hunian yang layak dan manusiawi. 

''Saya berjanji akan segera membangun pasar Parakan dan beberapa pasar agar dapat menumbuhkan perputaran ekonomi yang lebih baik lagi,'' janji pasangan yang diusung PDIP ini.

Adapun pasangan calon perorangan, Hadi Kuswanto-Tri Murdoko dengan barapi-api menyatakan perlunya melibatkan masyarakat dalam pembangunan yang lebih berbudaya. ''Selama menjabat menjadi bupati, gaji kami akan kami sedekahkan ke anak yatim,'' kata Hadi.

Sedangkan pasangan nomor lima yang disusung PAN dan koalisi bersama rakyat (Kobar), Anif Punto-Budidoyo bakal menjadikan Temanggung Mantab yakni mandiri, aman, nyaman, tertib, adil dan bermartabat. 

''Penting sekali menggembangkan perekonomian masyarakat yang berbasis pertanian, pariwisata, pemberdayaan ekonomi rakyat lewat UKM dan koperasi serta menumbuhkan perekonomian kreatif,'' ujar Anif.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement