Rabu 01 May 2013 07:41 WIB

Titik Nol Yogya Bakal Dipenuhi Aksi Buruh

Rep: Yulianingsih/ Red: Dewi Mardiani
Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Foto: myindonesia.at.ua
Jalan Malioboro, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Puluhan serikat buruh  organisasi mahasiswa dan organisasi pemuda di Yogyakarta, akan memenuhi Titik Nol Kilometer Yogyakarta pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), Rabu (1/5) ini.

Mereka akan berkumpul di Taman Parkir Abu Bakar Ali (Utara Malioboro) untuk melakukan persiapan aksi sekitar pukul 09.00 WIB. Aksi para buruh dan organisasi mahasiswa serta pemuda tersebut akan dilanjutkan menyusuri jalan Malioboro dan berkumpul di titik nol kilometer Yogyakarta.

Beberapa organisasi buruh dan mahasiswa yang ikut dalam aksi tersebut, antara lain, aliansi buruh Yogyakarta (ABY), federasi serikat pekerja mandiri (FSPM), BEM KM UGM, serikat mahasiswa indonesia (SMI), Organisasi mahasiswa UAJY, dan UAD serta Konfederensi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Selain itu juga diikuti Serikat Pekerja Carefour Indonesia (SPCI), Front Oposisi Rakyat Indonesia (FORI), SP-SPBU Gedong Tengen,  Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPSI DIY), Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) dan Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM DIY) terdiri Pekerja Hotel, Pekerja Katering, dan Pekerja Pariwisata.

Menurut koordinator aksi, Kirnadi dari ABY, tuntutan mereka tetap sama dengan aksi tahun lalu, yaitu penolakan sistem kerja outsourcing. Mereka juga menuntut upah kerja layak sesuai UMR. "Kita juga menolak kenaikan harga BBM yang jelas akan berdampak pada buruh," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement