Sabtu 27 Apr 2013 17:28 WIB

Aliran Dana Titik Penting Usut Kasus Hambalang

Rep: aldian wahyu ramadhan/ Red: Taufik Rachman
 Tersangka korupsi Hambalang mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/1).  (Republika/Yasin Habibi)
Tersangka korupsi Hambalang mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/1). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) optimistis misteri kasus Hambalang akan terbuka. Aliran dana terkait kasus Hambalang bisa menjadi titik penting terjawabnya teka teki kasus tersebut.

 

Peneliti ICW Tama S Langkun mengatakan, audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada kasus Hambalang, faktor esensial terbukanya kotak pandora Kasus Hambalang. ‘’Namun audit BPK tak jelas,’’ kata dia kepada Republika Sabtu (27/4) sore.

 

Menurut Tama, tak ada kejelasan dari BPK sejauh mana penelusuran dana kasus Hambalang yang diperiksanya. Belum ada informasi mengenai pengungkapan bagaimana gambaran aliran dana yang diaudit BPK.

 

Predikat crime, kata Tama, sudah ada penetapan tersangka dalam kasus pembangunan asrama atlet itu. Dia juga berharap KPK menggunakan UU tindak pidana pencucian uang (TPPU) apabila memungkinkan.

 

Selain itu, Tama berharap, pengerjaan kasus Hambalang bisa meniru dari perlakuan ke kasus simulator sim Djoko Susilo. ‘’Kasus Djoko Susilo dijadikan standar,’’ tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement