Sabtu 27 Apr 2013 05:46 WIB

Wah, Dahlan Iskan Pesimistis, Soal Apa?

Menteri BUMN Dahlan Iskan
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menteri BUMN Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS---Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengaku pesimistis target swasembada gula pada 2014 bisa tercapai. "Untuk merealisasikan target swasembada gula tersebut, cukup sulit dan tidak mungkin terealisasi dalam waktu dekat," ujarnya, di sela-sela kunjungannya di Pabrik Gula Rendeng Kudus, di Kudus, Jawa Tengah, Jumat malam.

Apalagi, kata dia, 22 pabrik gula di Tanah Air awalnya masih berstatus jelek dan mengalami kesulitan dalam sejumlah hal, salah satunya dialami PG Rendeng Kudus.Meski demikian, kata dia, patut disyukuri PG Rendeng Kudus sudah mulai berbenah, demikian halnya pabrik gula lainnya.

Tahapan revitalisasi pabrik gula di Tanah Air, katanya, diutamakan untuk perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM), selanjutnya melangkah ke mesin pabrik."Hal utama yang sering dipikirkan untuk mendongkrak produktivitas pabrik gula, salah satunya melakukan penggantian mesin produksi yang sudah cukup tua," ujarnya.

Hanya saja, kata dia, hal tersebut tidak menjamin, ketika mesin pabrik gula diganti dengan yang baru bisa meningkatkan produktivitas tanpa dibarengi dengan perbaikan kualitas SDM. Menurut dia, kondisi pabrik gula yang semakin baik, tentunya akan berimbas pada perbaikan nasib petani tebu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement