Jumat 26 Apr 2013 11:40 WIB

Buruh Diprediksi Akan Lumpuhkan Surabaya

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Dewi Mardiani
Demo Buruh
Foto: ROL
Demo Buruh

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Peringatan hari buruh yang jatuh pada Rabu (3/5) mendatang, diprediksi akan lumpuhkan Kota Surabaya. Pasalnya sekitar 200 ribu buruh akan turun ke jalan di hari tersebut, Mayday.

Ketua Korwil Konfrensi Serikat Buruh Indonesia (KSBI) Jatim, Akhmad Soim mengklaim, para buruh akan mengempung dan melumpuhkan Surabaya. Sasarannya adalah kantor Gubernur di Jalan Pahlawan, gedung Grahadi dan Jalan Gubernur Suryo. "Kami akan mengepung Surabaya," kata Soim pada wartawan di sela-sela peringatan HUT KSBSI belum lama ini.

Adapun tuntutan tersebut yakni, mendesak Gubernur Jatim, Soekarwo menetapkan upah minimum sektoral kabupaten dan kota. Lalu, pulangkan dan deportase tenaga kerja asing ilegal dan hapuskan outshourching, buruh kontrak dan politik upah murah.

Selain KSBI, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim rencananya juga akan turun ke jalan dengan membawa massa aksi sebanyak 50 ribu orang. Karena itu, Mayday nanti akan diprediksi melumpuhkan kota Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement