Rabu 24 Apr 2013 22:57 WIB

Menkokesra: Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Puting Beliung
Foto: antara
Puting Beliung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono meminta masyarakat di seluruh wilayah Indonesia untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi.

"Waspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi, yaitu bencana yang terkait dengan cuaca seperti banjir, longsor, puting beliung, gelombang pasang dan kekeringan," kata Agung Laksono di Jakarta, Rabu (24/4).

Agung menjelaskan, berdasarkan laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diketahui bahwa bencana banjir dan longsor masih mengancam sejumlah wilayah di Indonesia hingga pertengahan bulan Mei mendatang.

Adanya anomali suhu muka air laut yang menghangat di perairan Indonesia menyebabkan pasokan uap air melimpah sehingga curah hujan berintensitas tinggi terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Kerentanan di masyarakat juga makin meningkat mengingat jutaan penduduk tinggal di daerah-daerah yang rawan bencana.

Ada 124 juta jiwa penduduk Indonesia tinggal di daerah bahaya sedang hingga tinggi dari longsor dan ada 61 juta jiwa penduduk hidup di daerah bahaya sedang hingga tinggi dari banjir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement