Rabu 24 Apr 2013 20:44 WIB

Mubarok: Hanya 20 Persen Caleg Demokrat yang Bermutu

Rep: amri amrullah/ Red: Heri Ruslan
Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Demokrat mengakui hampir semua calon legislatif (Caleg) belum memiliki kualitas baik untuk menjadi wakil di Senayan 2014 mendatang.

Hal itu disampaikan Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok disela Konferensi Internasional, Islam, Peradaban dan Perdamaian Dunia, Rabu (24/4).

"Kita akui di Demokrat sendiri hanya 15 sampai 20 persen Caleg yang bermutu, dan itu terjadi hampir diseluruh partai," ujar Mubarok kepada  Republika Online, Rabu (24/4). Selebihnya, jelas dia, para caleg masih mengandalkan popularitas dan hanya ikut saja.

Ia menambahkan, itu karena sangat sulit saat ini mencari caleg yang bermutu. Kalau pun ada yang bermutu tapi mereka tidak punya uang. Sedangkan ada orang yang bermutu dan memiliki uang, tetapi ia tidak mau menjadi caleg.

"Ini masalah yang dialami semua partai, tidak hanya demokrat," katanya.

Dalam penyerahan Daftar Caleg Sementara (DCS) ke KPU RI pekan kemarin, Demokrat menyerahkan jumlah penuh sebanyak 560 orang untuk menduduki kursi DPR RI. Mubarok pun menyampaikan, salah satu Caleg andalan Demokrat untuk meraih suara terbanyak adalah putra bungsu Presiden SBY, Ibas Yudhoyono yang akan ditempatkan di Dapil Jatim, Pacitan.

"Ibas itu andalan Demokrat, sayang kalau orang berkualitas seperti dia kemudian tidak dicalonkan lagi setelah ia mengundurkan diri," ujar Mubarok.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement