Selasa 23 Apr 2013 18:44 WIB

Berikut Harga Sewa Kamar Tempat Nazaruddin Dirawat

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Mansyur Faqih
Salah satu kamar di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakpus
Foto: www.abdiwaluyo.com
Salah satu kamar di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakpus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terpidana kasus korupsi wisma atlet M Nazaruddin yang berstatus tahanan Lapas Cipinang sempat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit selama sembilan hari. Nazar diketahui meninggalkan sel tahanannya untuk menjalani rawat inap di RS Abdi Waluyo yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Ia dirawat di di RS ini sejak Kamis (11/4) hingga Sabtu (20/4). Meskipun pihak RS memilih bungkam ketika pertanyaan seputar Nazaruiddin dilontarkan. Republika sempat mengorek soal tarif pengobatan yang harus dibayar setiap pasien yang dirawat di RS tersebut. Termasuk Nazaruddin tentunya. 

Konon Nazaruddin didiagnosa menderita nyeri di bagian perut akibat penyakit batu empedu. Penyakit ini diketahui memerlukan penanganan khusus yang disebut dengan perawatan bedah digestive. Hal ini membuat sakit yang diderita oleh Nazar dapat dikatakan sebagai penyakit eklsusif, baik dari segi penanganan maupun biaya.

Saking ekslusifnya, RS ini hanya memiliki satu orang dokter ahli yang bertanggung jawab menangani pasien dengan peyakit tersebut.

Menurut pihak rumah sakit, untuk sekali rawat jalan, seorang pasien harus merogoh kocek Rp 400 ribu. Itu di luar biaya obat. Jumlah tersebut masih tergantung pada ketentuan harga yang diberikan oleh dokter pemeriksa sehingga niscaya bisa lebih mahal.

"Jika dokter menulis angka lebih dari sekian maka yang akan dikenakan pada pasien bukan yang tarif dasar,” kata seorang petugas resepsionis RS Abdi Waluyo, Dyah kepada Republika, Selasa (24/4).

Dia menjelaskan, RS Abdi Waluyo memiliki tiga macam kamar dengan kelas tertinggi VIP. Dipaparkannya, ruang inap terendah yaitu kelas dua diberi tarif Rp 400 ribu per malam. Selanjutnya, RS ini memasang tarif Rp 650 ribu per malam untuk kamar kelas satu.

Lalu di golongan kelas paling tinggi, ada tiga pilihan tipe kamar yang dapat disewa oleh pasien. Tipe bernama VIP ini menawarkan tiga jenis ruangan dengan label, Utama, VIP room, dan Super VIP room.

Dyah menjelaskan, untuk kamar Utama, ongkos yang harus dikeluarkan oleh pasien yaitu Rp 1,2 juta per malam. Kemudian setingkat di atasnya, VIP room, RS ini membanderol harga sewa kamar tersebut sebesar Rp 1,8 juta.

"Yang paling tinggi ada Super VIP, itu RP 2,5 juta per malam. Semua tipe VIP satu tempat tidur saja setiap kamarnya," ujar dia.

Ia menjelaskan, perbedaan dari setiap kamar VIP terletak pada kelengkapan fasilitas yang tersedia. Seperti televisi, kulkas, sofa, AC, hingga microwave.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement