Selasa 23 Apr 2013 15:27 WIB

Begini Aksi Blusukan Dubes AS ke Tangerang

Rep: Nurhamidah/ Red: Citra Listya Rini
Duta Besar Amerika Serikat,  Scot Marciel
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Duta Besar Amerika Serikat, Scot Marciel

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Republik Indonesia, Scot Marciel melakukan aksi blusukan ke Kampung Rawa Rotan, Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Pemandangan tidak biasa ini berlangsung ketika Marciel dan rombongan The United States Agency for International Development (USAID) Indonesia meninjau langsung warga Tangerang yang mendapatkan bantuan dana pinjaman melalui PT Mitra Bisnis Keluarga (MBK), Selasa (23/4).

Blusukan versi Marciel ini mengundang daya tarik warga setempat. Disambut hangat oleh warga setempat, pria berkacamata ini pun tak hentinya melemparkan senyuman. Bahkan, ia menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah warga yang dijumpainya.

Setelah menyusuri gang, Marciel menghentikan langkahnya sejenak di salah satu rumah warga milik Saidah (54 tahun). Halaman depan rumah Saidah terdapat sebuah warung yang menjajakan makanan, sayuran maupun kebutuhan masakan harian para ibu rumah tangga.

Tidak hanya berhenti dan menyapa Saidah di warung, Marciel bahkan membeli dua buah potong tempe seharga Rp 3.000. Ia membeli panganan khas Indonesia itu dengan uang sebesar Rp 4.000. Marciel sendiri yang menenteng tempe yang dibelinya dengan dibungkus kantong plastik.

Langkah mantan Duta Besar AS untuk ASEAN ini kemudian berlanjut menyusuri gang melihat tempat yang digunakan sebagai penampungan limbah milik seorang warga, Idah. Matanya melihat pada sekeliling area yang terdapat tumpukan limbah baik kertas, koran, plastik, kardus, dan lainnya.

Bak aksi blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyusuri ibu kota yang menyedot perhatian warga, kedatangan Marciel pun mengundang rasa penasaran warga Tangerang. Sebagian dari warga bahkan mengajak Marciel untuk foto bersama.

Apa tanggaapan Marciel soal aksi blusukannya di Tangerang? “Saya ingin memastikan sendiri dan melihat langsung di Kota Tangerang apakah sudah mendapatkan manfaatnya,” katanya, Selasa (23/4).

Sebagaimana diketahui, Kedutaan Besar AS dan USAID bersama PT Mitra Bisnis Keluarga (MBK) memberikan bantuan pinjaman dana sebesar delapan juta dolar AS untuk membantu perekonomian warga Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement