Senin 22 Apr 2013 20:50 WIB

Ramai-ramai Parpol Serbu KPUD Kota Tangerang

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad
Sejumlah Ketua umum Partai berfoto bersama dengan membawa no urut usai Pengundian nomor urut parpol peserta Pemilu 2014 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Sejumlah Ketua umum Partai berfoto bersama dengan membawa no urut usai Pengundian nomor urut parpol peserta Pemilu 2014 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sejumlah Partai Politik (Parpol) silih berganti berdatangan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang untuk mendaftarkan daftar caleg sementara (DCS).

Sejak dibuka pada 9 April dan pada Senin (22/4) ini merupakan hari terakhir pendaftaran DCS dari setiap Parpol hingga pukul 16.00 WIB. Saat ini proses registrasi sedang berlangsung diikuti sejumlah Parpol di Kantor KPUD Kota Tangerang, Jalan Nyimas Melati, Tangerang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang, Syafril Elain menuturkan pihaknya menyediakan tiga meja untuk menerima kedatangan Parpol yang datang secara bersamaan. Dalam satu meja terdapat satu tim yag terdiri dari enam orang yang terdapat satu orang komisionernya.

"Kita siap menerima sisa partai yang belum mendaftar, sisanya 10 partai lagi," katanya kepada Republika, Senin (22/4).

Menurut Syafril, setelah PKS yang sudah menyerahkan 49 DCS-nya pada 11 April lau, maka Minggu (21/4) kemarin Partai Amanat Nasional (PAN) sudah menyerahkan DCS pada pukul 15.30 WIB.

PAN menyerahkan 50 orang DCS yang dihadiri Ketua DPC, sekretaris, dan utusan dari setiap parpol. "Yang ikut dalam proses registrasi hanya ketua, sekretaris, atau utusan yang ditugaskan oleh Parpol-nya," ucapnya.

Hingga Senin (22/4) siang, KPUD baru saja menyelesaikan registrasi dari dua Parpol yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). "Tadi baru selesai untuk PKB dan PPP. Yang pertama datang PPP, namun yang duluan selesai registrasi PKB," paparnya.

PKB mendaftarkan 48 orang DCS sementara PPP menyerahkan 47 orang DCS. Dalam proses registrasi, kedua partai tersebut dihadiri oleh ketua DPC, sekretaris, dan utusan dari partainya.

Sementara di Kantor KPUD Kota Tangerang sedang berlangsung penerimaan pendaftaran dari PDIP dan Partai Demokrat yang belum selesai. "Untuk jumlah DCS dari PDIP dan Demokrat belum diketahui karena registrasi masih berlangsung," tuturnya.

Ia menambahkan Partai Hanura juga sudah menghubunginya melalui pesan singkat akan mendatangi KPUD sore ini untuk mendaftarkan bakal calegnya. Sedangkan untuk PBB dan PKPI maih belum mendapatkan kabar.

Menurutnya ada atau tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu tidak masalah yang penting bisa datang sebelum pukul 16.00 WIB yang merupakan batas akhir registrasi. "Kalau datang sebelum jam 4 hari ini, registrasi akan kita layani. Namun jika lewat dari itu mohon maaf saja," ujar Syafril.

Sebab, menurut aturan dalam KPU proses registrasi mengikuti waktu jam operasional kerja yaitu Pukul 08.00–16.00 WIB. "Dalam proses registrasi yang kita perhatikan adalah kelengkapan. Soal keabsahan dokumen nanti saat verifikasi administrasi," kata Syafril.

Untuk kelanjutannya pada besok akan dilakukan rapat dengan sejumlah tim yang menerima registrasi. Menurutnya keputusan ada pada setiap komisioner dalam tim tersebut dan sekretariat yang membantu verifikasi.

"Harapannya semua partai hari ini bisa datang sebelum jam empat, karena pekerjaan KPU ini diawasi oleh Panwaslu," ucapnya.

Dalam proses registrasi mendapat pengawasan dari dua orang pihak Panwaslu. Sementara proses registrasi ini akan berjalan cepat apabila setiap Parpol datang tepat waktu. Ia mengakui jika dalam pendaftaran terdapat banyak percakapan  maka akan memperlambat proses registrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement