Senin 22 Apr 2013 19:40 WIB

Linda Gumelar: Perempuan Jangan Konsumtif!

Rep: M Akbar/ Red: Hazliansyah
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar
Foto: Prayogi
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar, meminta kaum perempuan jangan hanya bisa berperilaku konsumtif. Ia juga meminta agar kaum perempuan bisa aktif membangun bangsa dengan meneruskan perjuangan yang telah dilakukan oleh RA Kartini.

"Jika ingin dihargai kaum pria maka perempuan itu harus bisa bersikap produktif. Dengan (sikap produktif) itulah kaum perempuan sekaligus juga bisa menunjukkan kualitasnya dalam berperan serta membangun bangsa," kata Linda usai berbicara pada seminar 'Peran Potensial Perempuan Indonesia dalam Percepatan Kebangkitan Peradaban Indonesia' di Jakarta, Senin (22/4).

Saat ini, kata dia, sudah bukan masanya kaum perempuan hanya menjadi beban bagi keluarga dan suami. Beban yang ia maksud merujuk pada sikap konsumtuif yang hanya bisa berbelanja.

"RA Kartini itu sudah berjuang di masanya secara luar biasa. Dan itu menjadi inspirasi kepada pejuang-pejuang perempuan di masa berikutnya," katanya.

Jenny Rachman, ketua panitia seminar mengatakan, RA Kartini tak cuma menjadi pejuang terwujudnya emansipasi wanita. Namun aktris senior ini mengatakan Kartini juga seorang enterpreneur wanita yang pandai.

"Dia berhasil membimbing produk kerajinan dari Jepara bisa dikenal sampai Belanda, bahkan Eropa. Berkat beliau masyarakat Jepada bisa menjadi terkenal dan juga sejahtera secara ekonominya," katanya.

Jenny meyakini perjuangan yang telah dilakukan Kartini telah menjadi inspirasi banyak tokoh perempuan. Tak hanya di dalam negeri, tapi juga menjadi inspirasi bagi tokoh dunia. Diantaranya ia menyebut Indira Gandhi, Margaret Thatcher, Hillary Clinton sampai mantan presiden RI Megawati.

"Rasanya sudah saatnya bagi perempuan-perempuan Indonesia masa kini untuk bangkit dalam berperan serta lebih aktif buat kemajuan negeri ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement