Jumat 19 Apr 2013 19:51 WIB

Longsor di Bogor, Empat Tewas

Rep: Fenny Melisa/ Red: Mansyur Faqih
Longsoran bukit (ilustrasi)
Foto: beritabatavia.com
Longsoran bukit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras dan disertai dengan angin kencang menyebabkan longsor di sebuah rumah di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Longsor terjadi pada Jumat (19/4) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Longsor menelan empat korban. Yakni Asih (60 tahun), Nunu (40), Rina (21) dan Lia (5). Korban merupakan satu keluarga dan sudah dievakuasi di RS Salak Bogor.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, lokasi bencana merupakan lembah padat permukiman yang terdapat di Kelurahan Sempur dengan tingkat kerentanan yang tinggi. Perumahan dibangun pada lereng-lereng di lembah yang berbatasan dengan Sungai Ciliwung Hulu. 

"Bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan masyarakat membangun rumah pada daerah yang rawan longsor," kata Sutopo.

Ia menuturkan, padatnya perumahan menyebabkan terbatasnya mitigasi struktural untuk menahan longsor. Hal ini yang menyebabkan Kelurahan Sempur memiliki tingkat risiko tinggi dari bencana longsor.

Sutopo menambahkan masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaannya terkait dengan cuaca ekstrem. Dinamika atmosfer dan masih hangatnya perairan di wilayah Indonesia menyebabkan cuaca ekstrem tetap berpotensi tinggi menimbulkan banjir, longsor dan puting beliung.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement