Kamis 18 Apr 2013 19:23 WIB

Demokrat Ganti Iyus Djuher dari Ketua DPRD

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Dewi Mardiani
Max Sopacua
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Max Sopacua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat bertindak cepat menyikapi kasus dugaan korupsi izin lahan di Kabupaten Bogor yang dialami Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Iyus Djuher. Iyus adalah kader Demokrat itu langsung dicopot dari jabatannya.

"Dia sudah di PAW dari Ketua DPRD Bogor," Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua, Kamis (18/4). Iyus bukan cuma dicopot dari jabatan ketua DPRD tapi juga dari struktur kepengurusan DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor. Max menyatakan, partainya akan segera mencari pengganti Sekretaris DPC Demokrat yang saat ini dijabat Iyus.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrat mendungkung langkah cepat partainya memberhentikan Iyus. Menurutnya apa yang dilakukan Iyus telah merusak citra partai. "Itu resiko," ujar Sutan Bhatoegana.

Menurut Sutan, partainya akan lebih selektif menempatkan kader di posisi publik. Dia berharap sanksi terhadap Iyus menjadi pelajaran bagi kader Demokrat dan kader partai lain. "Saya dukung pemecatan. Lebih cepat lebih bagus," katanya.

Sebelumnya KPK menetapkan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Iyus Djuher sebagai tersangka bersama empat orang lain: Usep Jumino (PNS Pemkab Bogor), Listo Welly Sabu (pegawai honorer Pemkab Bogor), Nana Supriatna (swasta), dan Sentot Susilo (Dirut PT Gerindo Perkasa). Mereka dijadikan tersangka atas dugaan korupsi izin lahan kuburan Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) di Desa Antajaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement