Rabu 17 Apr 2013 09:48 WIB

Kemlu: Tidak Ada Korban WNI dalam Gempa Iran

Gempa (ilustrasi)
Foto: eeri.org
Gempa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga saat ini tidak ada laporan mengenai warga negara Indonesia menjadi korban gempa berkekuatan 7.8 skala Richter yang mengguncang satu kota di perbatasan Iran-Pakistan pada Selasa (16/4) lalu.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari Kedutaan Besar Indonesia di Tehran dan Islamabad tidak ada korban WNI dalam gempa tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene di Jakarta, Rabu (17/4).

Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter melanda satu kota di perbatasan Iran-Pakistan pada Selasa menewaskan sedikitnya 35 orang di Pakistan, menghancurkan ratusan rumah dan menggoyang gedung-gedung sejauh India dan negara-negara Teluk Arab.

Para pejabat Pakistan mengatakan sedikitnya 30 orang meninggal dan 150 orang lagi luka-luka di kota Mashkeel di Provinsi Baluchistan, di bagian barat daya Pakistan, yang berbatasan dengan Iran.

Mohammad Ashraf, kepala pusat kesehatan di Mashkeel, mengatakan beberapa rumah di kota itu roboh. Tiga perempuan dan dua anak juga meninggal ketika rumah dari tanah lumpur tumbang di distrik Panjgur, Baluchistan.

Angkatan Darat Pakistan menyatakan pihaknya mengerahkan tentara dan helikopter untuk mengangkut tenda, obat-obatan dan tim kesehatan ke Mashkeel.

Sementara itu Iran terhindar dari kerusakan parah akibat gempa bumi. Media nasional melaporkan 27 orang menderita cedera dan kedalaman gempa mungkin menjadi alasan relatif rendahnya kerusakan dari gempa berkekuatan 7,8 pada skala Richter.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement