Selasa 16 Apr 2013 15:24 WIB

Ensiklopedia Muhammadiyah Diluncurkan

Rep: Yulianingsih / Red: Citra Listya Rini
Muhammadiyah, salah satu ormas terbesar di Indonesia.
Foto: www.muhammadiyah.or.id
Muhammadiyah, salah satu ormas terbesar di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Muhammadiyah telah hadir sejak satu abad yang lalu. Namun, belum ada ensiklopedia yang memuat tentang organisasi yang didirikan di Yogyakarta pada 1912 lalu itu. 

Melihat kondisi tersebut Lembaga Penelitian, Pendampingan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY dan Yayasan Mata Bangsa menyusun buku ensiklopedia Muhammadiyah sejak 2012 lalu.

Meski belum diluncurkan secara resmi, tapi ketiga pihak tersebut telah melakukan soft launching ensiklopedia tersebut di Asri Medical Center UMY, Selasa (16/4). 

Kepala LP3M UMY, Mukti Fajar mengatakan, Muhammadiyah sebagai sebuah organisai masyarakat besar hanya bisa diterangkan dari sejarah yang dilewatinya. Atas dasar hal tersebut pihaknya sebagai lembaga penelitian, bekerja sama dengan PWM DIY bahu membahu membuat ensiklopedia tersebut.

"Ensiklopedia ini akan jadi rujukan tentang Muhammadiyah," kata Mukti.

Ensiklopedia ini juga memperjelas status Muhammadiyah yang sebenarnya. Ensiklopedia Muhammadiyah tersebut dilengkapi dengan 600 gambar, foto peristiwa dan tokoh. Dimana foto tertua diambil pada tahun 1919 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement