Senin 15 Apr 2013 16:42 WIB

Timur Isyaratkan Penggantinya dari Bintang Tiga

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Dewi Mardiani
Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo/ Ilustrasi
Foto: Daan/Republika
Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo/ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Informasi pergantian Kapolri dalam waktu dekat rupanya sudah ditindak lanjuti oleh Jenderal Timur Pradopo. Timur yang merupakan Kapolri saat ini mengatakan telah melakukan pilah-pilih terhadap kandidat yang sekiranya pantas menduduki jabatan yang ia tinggalkan.

 

Meski enggan menyebutkan nama, namun Timur mengungkapkan dirinya sudah mempersiapkan sejumlah nama jenderal dengan bintang tiga dipundaknya yang akan diajukan kepada presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia mengatakan, tugasnya memang hanya memberikan masukan kepada SBY untuk kemudian nanti diambil satu  nama untuk menjadi jenderal tertinggi di kepolisian.

 

“Ya itu kan hak prerogratif presiden, tugas, dan kewajiban saya kira-kira sampai sebatas itu (mengajukan calon),” ujar Timur di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Senin (15/4).

 

Timur melanjutkan, sampai saat ini beberapa nama jenderal bintang tiga yang ada belum mencapai tahap persiapan. Artinya. Timur memang benar-benar tidak akan tahu mana pilihan presiden, sekalipun dia menyarankan jenderal-jenderal tertentu kepada SBY untuk meneruskan tongkat komandonya.

 

Sejauh ini, menurutnya, para jenderal bintang tiga ini hanya diberikan tugas-tugas untuk kemudian diawasi kinerjanya sebelum menjadi bahan acuan sebagai nama yang dicalonkan. Namun, Timur enggan menegaskan apakah kelak Kapolri yang menggantikan dia memang hanya berasal dari jajaran bintang tiga atau bisa juga di bawahnya. Mengingat dua calon kuat yang belakangan santer terdengar akan menggantikannya ada juga berasal dari bintang dua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement