Senin 15 Apr 2013 13:37 WIB

Disdik Tangerang: Kami Tak Punya Target Kelulusan Siswa

Rep: Nurhamidah/ Red: Citra Listya Rini
Para siswa mengikuti Ujian Nasional
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Para siswa mengikuti Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 24.134 siswa setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Tangerang mengikuti ujian nasional (UN) hari ini, Senin (15/4). UN tingkat SMA akan dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 18 April 2013.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Tabrani menjelaskan pelaksanaan UN di Kota Tangerang sesuai panduan Prosedur Operasional Standar (POS) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Pendidikan Nasional (BSNP).

Mekanisme UN diawali dengan pengiriman soal ujian oleh panitia Provinsi baik dari Untirta dan pihak Dinas Pendidikan kepada Kota Tangerang.

Soal UN diserahkan dari Polda Banten dan diterima oleh Polres Metro Tangerang. Penyerahan disaksikan oleh Tim Independen UN Kota Tangerang yaitu Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) dan Disdik Kota Tangerang.

“Titik simpan soal ada di sub rayon yang dijaga oleh pihak kepolisian dan tim independen selama 24 jam,” kata Tabrani kepada Republika saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang.

Soal UN tersebut kemudian dibuka dan diturunkan yang kemudian dipilah per sub rayon. Untuk SMA ada tiga rayon, SMK ada dua rayon, MA ada dua rayon, dan Paket C satu rayon. Jumlah peserta UN Sekolah Menengah Atas (SMA) ada 8.128 siswa dari 78 sekolah.

Jumlah peserta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ada 15.146 siswa dari 109 sekolah. Sementara dari Madrasah Aliyah (MA) ada 860 peserta dari 10 sekolah. Sehingga total peserta Ujian Nasional Kota Tangerang ada 24.134 peserta.

Menurut Tabrani, pihak kepolisian yang bertugas menjaga soal UN ada dua orang setiap delapan jam sehingga tiga kali shift selama 24 jam. Sedangkan dari Tim Independen yang menjaga ada satu orang setiap delapan jam sehingga total ada tiga orang selama 24 jam tiga kali shift.

Lantas berapa target kelulusan siswa setingkat SMA yang dipatok Disdik Kota Tangerang? “Saya tidak punya target, semoga anak-anak bisa mengerjakan soal dengan baik dan bisa lulus semua,” jawab Tabrani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement