Senin 15 Apr 2013 11:15 WIB

Aher Targetkan Pelajar Jabar 100 Persen Lulus UN

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ujian Nasional (ilustrasi).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ujian Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan percaya diri kalau para pelajar di Jawa Barat akan lulus saat menghadapi Ujian Nasional (UN) yang dimulai hari ini.

Aher pun mengaku menargetkan siswa Jabar bisa lulus semaksimal mungkin.''Peserta UN SMA di Jabar kan sekitar 400 ribua-an. Saya targetkan bisa lulus semua,'' katanya usai meninjau pelaksanaan UN di Bandung, Senin (15/4).

Dia pun optimistis, para pelajar bisa lulus dengan cara yang jujur. Menurutnya, sulit bagi peserta UN untuk bisa menyontek dalam penyelenggaraan UN kali ini.
Menurutnya, mekanisme pelaksanaan UN yang sulit dimanipulasi bisa dilihat dari jumlah peserta UN di setiap ruangan. Masing-masing kelas, berisi 20 orang. Berarti, ada 20 jenis soal yang berbeda di setiap siswa.

''Satu sama lain soal beda. Tidak bisa nyontek,'' ujar Heryawan kepada wartawan  Aher mengatakan, blackberry messenger atau sms yang berisi jawaban sudah tidak berlaku.

Selain itu, soal dipegang oleh Perguruan Tinggi (PT) dan diawasi polisi. Begitu ujian selesai, soal diambil kembali oleh PT sehingga tidak mampir di sekolah.

Penugasan pengawas UN juga bersifat silang. Jadi, guru tidak mengawasi di sekolah tempat mereka mengajar. Untuk guru mata pelajaran atau bidang studi yang sedang diujikan,  tidak bisa menjadi pengawas UN. ''Mekanisme sudah sangat baik,'' katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement