Ahad 14 Apr 2013 13:01 WIB

Belajar Antikorupsi, Pelajar Deklarasikan Gerakan Antinyontek UN

Ujian Nasional tingkat SMA
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Gabungan siswa SD hingga SMA di Ternate mencanangkan satu gerakan Antinyontek Ujian Nasional 2013. Gerakan ini dideklarasikan bersama di Ternate, Maluku Utara, Ahad (14/4).

Ujian Nasional 2013 ini akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, mulai Senin (15/4) besok hingga beberapa hari ke depan. Banyak persiapan dilakukan, mulai  lebih giat belajar hingga hipnotherapi dan bimbingan rohani. 

Wakil Wali Kota Ternate Arifin Djafar - pada deklarasi di halaman Sekretariat Pemkot Ternate - mengatakan, deklarasi merupakan bentuk komitmen mendukung pelaksanaan UN di sana secara jujur dan tanpa penyimpangan.

"Juga untuk menanamkan sejak dini nilai-nilai kejujuran kepada para siswa di daerah ini agar mereka kelak bisa membentengi dirinya dari berbagai praktik menyimpangan, misalnya korupsi," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate Mochdar Din mengatakan, pihaknya siap menggelar UN tingkat SMA sederajat besok. Menurutnya, segala sesuatu untuk mendukung kelancaran UN itu telah disiapkan.

Naskah UN, misalnya, telah didistribusikan ke tempat penitipan terakhir, termasuk disejumlah daerah yang jauh dari Kota Ternate, seperti Pulau Batang Dua dan Pulau Hiri. Dikedua pulau ini naskah soal UN sudah dititipkan di Polsek-Polsek setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement