Rabu 10 Apr 2013 16:34 WIB

Papua Bakal Punya ISBI Pertama di Indonesia

Rep: Yeyen Rostiyani/ Red: Mansyur Faqih
Menteri Pendidikan M Nuh.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pendidikan M Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Mendikbud M Nuh meresmikan pembangunan Institut Seni dan Budaya (ISBI) di Jayapura. Ini adalah ISBI pertama di Indonesia.

"Kalau sebelumnya ada Institut Seni Indonesia (ISI), maka ini ISBI pertama di Indonesia," kata M Nuh, di expo Waena, Jayapura, Papua, Rabu (9/4).

Nuh berharap ISBI akan menjadi center of exellence yang akan terus mengembangkan budaya Indonesia. pada kesempatan ini, Nuh meresmikan museum noken. Ia juga menyerahkan secara simbolis sertifikat pengakuan UNESCO atas noken Papua sebagai warisan budaya bukan benda.  

"Noken adalah tempat dan wadah. Segala sesuatunya memerlukan tempat, bahkan ruh pun memerlukan wadah. Maka para leluhur kita sudah mengajarkan pentingnya tempat," kata Nuh. "Yang mengagumkan dari Papua adalah warisan budayanya. Noken hanyalah salah satunya. Maka kewajiban kita adalah konservasi budaya." 

 

Pada kesempatan yang sama, Nuh juga meresmikan Kopertis XIV untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Ia bahkan mendorong wilayah yang ingin memiliki Kopertis sendiri. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement