Selasa 09 Apr 2013 12:00 WIB

Harga Bawang Naik, Mendag: Saya Minta Maaf

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meminta maaf atas meningkatnya harga bawang merah dan bawang putih.

"Saya meminta maaf atas nama pemerintah kepada ibu-ibu khususnya untuk kenaikan harga bawang putih," kata Gita dalam dialog Musyawarah Nasional ke-9 Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Selasa (9/4).

Dia mengatakan kenaikan harga bawang putih yang meroket hingga 500 persen telah membuat masyarakat Indonesia khususnya para ibu rumah tangga kerepotan. Meski demikian, dia meyakinkan bahwa saat ini harga bawang putih sudah turun hingga 77 persen.

Sementara untuk bawang merah, pemerintah akan memfasilitasi penyaluran sebanyak 60 ribu ton bawang merah dalam dua bulan ke depan ke sebanyak sepuluh ribu hingga 15 ribu pedagang untuk stabilisasi harga di pasaran. Pihaknya optimistis dengan upaya stabilisasi harga bawang merah karena juga didukung oleh panen raya di Brebes, Jawa Tengah, pada Juli mendatang.

Sementara untuk pasokan cabai, menurut dia, masih terbatas karena meningkatnya permintaan cabai dari Sumatera, sedangkan produksi cabai di Pulau Jawa masih rendah. Meski demikian pihaknya optimistis terhadap perbaikan harga cabai pada April 2013. "April bisa dilihat stabilitas harga cabai, tapi intinya tupoksi," katanya.

Menurut dia, stabilitas harga komoditas pangan harus ada pembenahan tupoksi tata niaga dari lembaga-lembaga terkait.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement