Senin 08 Apr 2013 23:35 WIB

KA Tanah Abang-Maja Beroperasi Akhir Tahun

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/1). (Republika/Wihdan Hidayat)
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/1). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan menargetkan jalur ganda kereta api Tanah Abang-Serpong-Maja dapat beroperasi pada akhir 2013.

Saat ini, proses pembangunan jalur ganda itu sudah sampai tahap penyelesaian. "Saat ini sedang dilakukan pekerjaan penyelesaian elektrifikasi, persinyalan, dan telekomunikasi," ujar Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan, Senin (8/4).

Tundjung mengatakan pembangunan jalur ganda itu terbagi dalam tiga tahapan. Tahap pertama, kata dia, pembangunan jalur Tanah abang-Serpong yang sudah beroperasi sejak 2007. Tahap kedua yaitu pembangunan jalur ganda Serpong-Parung Panjang yang akan dioperasikan mulai pertengahan April 2013.

Tahap ketiga yaitu pembangunan jalur ganda Parung Panjang-Maja yang sudah memasuki tahap akhir pembangunan. "Elektrifikasi jalur tunggal Parung Panjang-Maja sudah selesai dan sudah dilakukan uji coba," tutur Tundjung.

Menurut Tundjung, jalur ganda pada lintas Tanah Abang-Maja ini dapat meningkatkan kapasitas penumpang. Selain itu, jalur ganda yang menelan biaya Rp 1,2 triliun ini juga dapat mempersingkat waktu tempuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement