Sabtu 06 Apr 2013 22:22 WIB

Harimau Masuk Pemukiman, Warga Resah

Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae).
Foto: Antara/FB Anggoro
Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae).

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Warga Kampung Tumbulun Karang Putih, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, merasa resah disebabkan seekor harimau Sumatra ("panthera tigris sumatrea") masuk ke perkampungan penduduk, sejak tiga hari.

"Warga masih resah dan takut ke kebun atau beraktivitas di luar rumah sebab seekor harimau terlihat di pemukiman tersebut telah menerkam empat ekor kambing," kata Lurah Batu Gadang ,Syahril di Padang.

Menurut dia, warga menyebutkan seekor harimau berkurang cukup besar masuk ke permukiman penduduk untuk memangsa hewan ternak.

"Warga memergoki seekor harimau sedang menerkam kambing yang berada dalam kandang, warga merasa takut langsung berlarian menyelamatkan diri," ujar dia.

Warga panik karena harimau diperkirakan masih berkeliaran di sekitar permukiman penduduk untuk memangsa hewan ternak. "Sudah dua hari warga sekitar melakukan ronda malam untuk menangkap harimau namun tidak berhasil dilakukan,"jelas Syahril.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, warga Kampun Tumbulun Karang Putih, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota padang berjumlah 154 jiwa agar mengungsi ke tempat yang aman.

"Pihak kelurahan menginstruksikan kepada seluruh warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman dan menghindari daerah perbukitan sampai harimau dapat tertangkap,"kata dia.

Dia menambahkan, harimau itu diperkirakan masih berada di sekitar perkampungan penduduk. Untuk itu seluruh warga serta hewan ternak agar berada di tempat yang aman.

"Sekarang ini pihak BKSDA Sumbar memasang perangkap untuk menangkap harimau yang telah memangsa tiga ekor kambing yang juga membuat resah masyarakat sekitar,"ujar dia.

Sementara itu Wakil Kepala Satuan Polisi Kehutanan BKSDA Sumbar, Zulmi Gusrul menyatakan pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi untuk memantau keberadaan harimau yang telah memangsa tiga ekor kambing milik warga.

"Tim menemukan jejak harimau sekitar area persawahan dan bekas cakaran di pohon jengkol,"kata dia.

Dia menambahkan, pihak BKSDA telah sepakat dengan masyarakat sekitar untuk memasang perangkap disekitar perbukitan untuk menangkap harimau yang telah memangsa tiga ekor kambing.  

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement