Kamis 28 Mar 2013 17:01 WIB

Mula1 April, PT KAI Ubah Jadwal Perjalanan Kereta

PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Antara
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) sejak 1 April 2013 akan mengubah jadwal perjalanan dengan memberlakukan grafik perjalanan kereta api atau Gapeka.

"Sehingga ada perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api khusus untuk kereta jarak jauh," kata Kepala Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta Agus Sutijono dalam siaran pers yang diterima di Bogor, Jawa Barat, Kamis.
Ia menjelaskan, perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api pada Gapeka 2013 ini secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan Gapeka 2011.
Secara rinci, perubahan jadwal sesuai Gapeka 2013 misalnya untuk KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo yang jadwal sebelumnya berangkat dari Jakarta pukul 20.00 tiba di Solo pukul 04.11 WIB menjadi berangkat pukul 20.20 WIB, dan tiba di Solo pukul 04.15 WIB.
Beberapa kereta api yang mengalami perpindahan jam keberangkatan seperti, KA Gumarang relasi Jakarta-Surabaya Turi, jadwal sebelumnya berangkat dari Jakarta 17.45 WIB tiba di Surabaya pukul 05.48 WIB, menjadi berangkat pukul 15.15 WIB, tiba pukul 03.51 WIB.
Begitu juga dengan KA Bogowonto relasi Pasar Senen-Yogyakarta semula berangkat pukul 09.15 WIB tiba pukul 17.33 WIB menjadi berangkat 18.55 WIB, dan tiba di Yogyakarta pukul 03.13 WIB.
"Perubahan kedatangan lebih cepat empat menit dari waktu sebelumnya," katanya.
Agus menambahkan, selain adanya pergeseran waktu keberangkatan dan kedatangan, terdapat juga kepindahan tempat keberangkatan KA, di antaranya KA Bangunkarta semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen, menjadi di Stasiun Gambir.
Kemudian KA Bengawan dan KA Brantas semula berangkat dari Stasiun Tanahabang menjadi di Stasiun Tanjung Priok, dan KA Kutojaya semula dari Tanah Abang diubah menjadi dari Stasiun Pasar Senen.
"PT KAI berupaya memberikan perhatian terhadap layanan KA Ekonomi cukup besar, terbukti waktu tempuh perjalanan KA-KA ekonomi rata-rata lebih cepat 80 menit dibanding jadwal KA tahun 2011," kata Agus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement