Rabu 27 Mar 2013 05:09 WIB

Agar Tak Punah, Mainan Tradisional Perlu Dilestarikan

Congklak, adalah salah satu mainan tradisional yang perlu dilestarikan.
Foto: IST
Congklak, adalah salah satu mainan tradisional yang perlu dilestarikan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mainan tradisional perlu diteruskan kepada generasi muda untuk menjaga eksistensi di tengah gempuran mainan modern saat ini.

Salah satu cara untuk mempertahankannya bisa dilakukan dengan mengadakan festival mainan tradisional. Melalui kegiatan itu diharapkan generasi muda dapat menghayati dan memahami kompleks nilai di dalamya.

"Pewarisan juga bisa dilakukan melalui pendidikan formal maupun nonformal, misalnya dengan membentuk komunitas peduli mainan tradisional," ujar peneliti dari Institut Seni Indonesia Surakarta, Bagus Indrayana, di Yogyakarta, Selasa (26/3).

Bagus mengatakan mainan tradisional seperti gasingan, tidak hanya sebagai sarana bermain semata. Mainan tradisional diciptakan dengan mengejawantahkan nilai filosifi dan keindahan fungsional yang sangat kompleks.

"Kompleksitas tersebut berkaitan dengan pandangan, perilaku, dan aktivitas hidup masyarakat penggunanya," katanya.

Misalnya, dalam mainan dhakon, yang dibuat dari batu berkaitan dengan upacara ritual yang di dalamnya mengandung nilai rohani, makna sosial, dan ungkapan estetika masyarakat.

Permainan dhakon merupakan gambaran perilaku petani sejak mereka melakukan kegiatan menanam benih di sawah hingga memanen dan menyimpan hasilnya dalam lumbung penyimpanan. "Hal itu mencerminkan kehidupan masyarakat Yogyakarta di luar keraton yang menyandarkan hidupnya dari hasil pengolahan sawah dan ladang," katanya menjelaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement