Senin 25 Mar 2013 08:29 WIB

IPM dan Transportasi Target Pembangunan DIY Lima Tahun ke Depan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Sudut Kota Yogyakarta yang indah
Sudut Kota Yogyakarta yang indah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Masalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan transportasi menjadi target utama pembangunan DIY lima tahun ke depan.'''Kami baru menyepakati prioritas yang harus diraih oleh DIY lima tahun kedepan yakni IPM dan Tranportasi," kata Ketua Pansus Berita Acara 5A DPRD DIY yang membahas Kebijakan Umum, Prioritas Program dan Pagu Anggaran RPJMD 2013-2017, Sukamta.

IPM dan transportasi, menurut Politikus PKS ini menjadi persoalan mendasar yang harus segera mendapatkan kebijakan. Hal ini agar pembangunan DIY lima tahun ke depan dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat.

Target peningkatan IPM, ia mengatakan, hanya dapat dicapai ketika sejumlah fasilitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi.

"Ketika keduanya tersinergi, maka harapan untuk mewujudkan tatanan budaya baru di DIY bukan hal yang tidak mungkin," tuturnya.  

Dalam pembahasan telah disepakati empat poin pokok IPM dan transportasi yang harus diraih DIY pada 2017 mendatang saat Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur Paku Alam IX menyelesaikan tugasnya sebagai kepala daerah.

Keempat poin pokok tersebut adalah: Angka harapan hidup meningkat dari 73,27 tahun menjadi 73,50 tahun; Angka melek huruf dari 92 persen menjadi 95 persen; Pendapatan perkapita dari Rp6,3  juta menjadi Rp8,3 juta; Load Faktor transportasi dari 30,6 menjadi 40 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement