Kamis 21 Mar 2013 21:18 WIB

Harga Bawang di Padang Kembali Naik

Pedagang mengambil bawang putih impor dari Cina untuk ditimbang di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pedagang mengambil bawang putih impor dari Cina untuk ditimbang di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Harga bawang di Pasar Raya Kota Padang, Sumatera Barat, mengalami kenaikan lagi akibat terbatasnya stok dari agen pemasok setelah nilai komoditas itu turun dari Rp 32.000 per kilogram menjadi Rp 25.000 per kilogram.

"Harga bawang merah naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram, sedangkan harga bawang putih naik dari Rp 26 ribu naik menjadi Rp 32 ribu per kilogram," ujar Nila (34) salah seorang pedagang bawang di Pasar Raya Padang, Kamis (21/3).

Menurut dia, kenaikan harga itu sejak Rabu (20/3) akibat langkanya komoditas tersebut sehingga memengaruhi pasokan dari agen.

Biasanya, warga By Pass Kota Padang itu membeli bawang dari agen hingga 50 kg setiap harinya. Namun, saat ini, dia hanya bisa menyediakan 20 kg akibat minimnya pasokan bawang.

"Ini juga sulit laku karena banyak pembeli yang mengurangi stok mereka. Biasanya membeli 1 kg, namun karena harganya tinggi hanya membeli rata-rata seperempat hingga setengah kilogram saja," ujarnya.

Hal yang sama juga dialami Andre (18) pedagang bawang dan cabai di Jalan Sandang Pangan, Pasar Raya Padang. Seminggau terakhir harga bawang merah melejit tinggi dari Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram dan berangsur-angsur turun hingga Rp 26.000/kg.

"Bawang merah naik lagi sebesar Rp 5.000 per kilogram dan bawang putih naik Rp 7.000 per kilogram," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement