Rabu 20 Mar 2013 22:18 WIB

Kontribusi Pendapatan Sumatra ke Nasional 23,77 Persen

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dewi Mardiani
Hatta Rajasa
Foto: Antara
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan pendapatan dari berbagai sektor di Sumatra berkontribusi 23,77 persen untuk pendapatan nasional.

"Ini bisa meningkat lagi kalau infrastruktur terutama jalan makin baik," kata Hatta Rajasa pada Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatra dan Rakor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Bandar Lampung, Rabu (20/3).

Hatta menjelaskan, percepatan pembangunan infrastruktur di Sumatra harus segera dilaksanakan mengingat kawasan itu menyumbang pendapatan nasional tertinggi setelah Pulau Jawa.

Kontribusi penyumbang pendapatan nasional Pulau Jawa saat ini sekitar 50 persen, disusul Sumatra (23,77 persen), dan sisanya kawasan lain di Pulau Kalimantan, dan kawasan timur lainnya.

Ia melanjutkan, percepatan pembangunan infrastruktur koridor Sumatra harus segera dilaksakan, terutama pembangunan jalan tol, jalan nasional, jalan kereta api dan kegiatan pembangunan lainnya. Pada 2013 merupakan tahun harapan dan tantangan karena itu perlu kerja keras semua pihak sehingga pertumbuhan ekonomi masih di atas enam persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement