Rabu 20 Mar 2013 16:42 WIB

Empat Kriteria Pemimpin 2014 Versi Pepabri

Agum Gumelar
Foto: antara
Agum Gumelar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Umum Pepabri Agum Gumelar mengatakan Pepabri mengusulkan empat kriteria untuk pemimpin masa depan demi kemajuan Indonesia.

"Pepabri mengusulkan untuk pemimpin masa depan harus memenuhi empat kriteria," perbaikan ke depan," kata Ketum Pepabri Agum Gumelar pada dialog kenegaraan di DPD RI Senayan Jakarta, Rabu.

Diskusi yang mengambil tema "Urgensi menata sistim bernegara" menghadirkan pembicara Ketum Pepabri Agum Gumelar, Ketua Kelompok DPD di MPR Bambang Suroso dan Ketua Fraksi Partai Gerindra Martin Hutabarat.

Agum menjelaskan kriteria kepemimpinan yang pertama, harus memiliki sifat tidak ambivalen. Sifat tidak ambivalen ini sangat diperlukan untuk memimpin bangsa yang besar dan majemuk.

"Kriteria kedua, tidak takut bertindak tidak populis. Jadi harus berani mengambil keputusan jika demi kepentingan bangsa," kata Agum.

Kriteria ketiga, harus punya keberanian dalam mengambil kebijakan tegas dalam koridor hukum. "Dan kriteria keempat, tidak akan mentolerir suatu kesalahan di Indonesia. Tak boleh ada pembiaran. Siapapun yang melanggar hukum harus diproses hukum," kata Agum.

Menurut Agum hukum bukan sesuatu yang bisa kompromikan.

Agum juga menjelaskan ke empat kriteria tersebut merupakan hasil kajian internal Pepabri.

Agum menegaskan bahwa Pepabri mengklaimkan diri berwatak pejuang.

"Artinya sikap laku dan sikap tindak didedikasikan untuk bangsa dan negara," kata Agum.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement