Jumat 15 Mar 2013 02:06 WIB

Gila-gilaan, Ini Harga Bawang Merah Sekarang

Bawang merah
Bawang merah

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG---Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, merangkak naik dalam beberapa pekan terakhir hingga menembus Rp 55.000 per kilogram.

 

"Kenaikan harga bawang merah ini sudah melonjak sejak beberapa pekan lalu," kata Indri, pedagang di Pasar Telagasari Karawang.

Sejak beberapa pekan lalu harga bawang merah awalnya hanya mencapai Rp 25.000-Rp 28.000 per kilogram, kemudian naik menjadi Rp 40.000, dan saat ini harganya mencapai Rp 55.000-60.000 per kilogram.

Ia mengakui konsumen banyak yang terkejut dengan kenaikan harga bawang merah yang cukup signifikan itu. Apalagi kenaikannya cukup cepat, hanya berlangsung selama beberapa pekan.

Bahkan, kata dia, cukup banyak konsumen yang mengurangi pembeliannya, kalau semula biasa membeli 2 kilogram, kini menjadi 1 kilogram atau setengah kilogram.

Kenaikan harga bawang merah itu juga terjadi di Pasar Baru Karawang. Sejumlah pedagang di pasar tradisional itu mengakui kenaikan harga bawang sudah menembus angka Rp 55.000 per kilogram.

Kondisi tersebut diakui sudah berlangsung sejak beberapa pekan terakhir yang harga awalnya hanya mencapai Rp 28.000-30.000 per kilogram.

Di tengah tingginya harga bawang merah, stok bawang merah ke pasar tradisional di sekitar Karawang diakui para pedagang semakin menipis.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement