Kamis 14 Mar 2013 07:42 WIB

Puluhan Warga Kota Sukabumi Terserang Chikungunya

Rep: riga nurul iman/ Red: Heri Ruslan
Nyamuk Cikungunya
Nyamuk Cikungunya

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Sebanyak 69 warga Kota Sukabumi terjangkit penyakit Chikungunya. Penyebaran penyakit ini mulai terjadi sejak awal Februari hingga Maret ini.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi menyebutkan, sebagian besar warga yang terkena penyakit Chikungunya terdapat di Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang sebanyak 47 orang.

Sementara sisanya merupakan warga Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong sebanyak 17 orang dan warga Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunung Puyuh sebanyak lima orang.

Kasie Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Sukabumi, Jalaludin kepada wartawan mengatakan, puluhan penderita Chikungunya ini telah mendapatkan penanganan dari tim medis.

Penyebaran penyakit ini salah satunya akibat peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Gejala awal terkena Chikungunya kata Jalaludin misalnya mengalami demam tinggi dan mengalami sakit pada bagian persendian kaki dan tangan. Diterangkan Jalaludin, untuk mengatasi penyebaran penyakit ini Dinkes telah melakukan sejumlah langkah.

Diantaranya dengan menggelar pengasapan dan berupaya menggiatkan gerakan hidup bersih dengan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement