Rabu 13 Mar 2013 18:23 WIB

'Sistem Pelaporan dan Informasi Masyarakat ke Polisi Pun Berbasis Android'

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Djibril Muhammad
Android.Ilustrasi.
Foto: firstpost.com
Android.Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Jakarta Utara mengandalkan gadget untuk mencegah berkembangnya kriminalitas di Jakarta Utara. Selain gagdet, masyarakat juga diminta ikut berpartisipasi.

"Ini untuk penyelesaian konflik yang cepat di masyarakat," ujar Kapolres Jakarta Utara, Kombes Muhammad Iqbal, Rabu (13/3)

Program penggunaan gadget dinamakan Sistem Pelaporan dan Informasi Babinkamtibmas (SISPITIBMAS) yang berbasis Android. Gadet tersebut demi memudahkan pendataan warga dan pemberian Informasi. "Pimpinan juga bisa memonitor langsung konflik," kata Iqbal menegaskan.

Iqbal mengatakan, pimpinan polisi tidak hanya memantau konflik yang terjadi tapi bisa memberikan arahan, dan mengomandoi dari manapun.

Selain Gadet, Polisi juga menggerakkan kembali Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas). Ini merupakan tindakan pre-entif demi mendeteksi awal terjadinya konflik. "Sekalipun masih terseok-seok karena faktor umur mereka yang tua," kata Iqbal.

Menurut Iqbal, sekalipun faktor umur mereka yang sudah tua, tapi mereka masih bisa menjadi tauladan dan guru ketertiban di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement