Selasa 12 Mar 2013 22:30 WIB

Umat Hindu di Jawa Timur Rayakan Nyepi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Djibril Muhammad
Suasana Nyepi di Bali
Foto: antara
Suasana Nyepi di Bali

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perayaan Nyepi tidak hanya khidmat dilakukan umat Hindu di Bali saja. Di Jawa Timur (Jatim), puluhan ribu umat Hindu juga khidmat melakukan tapa brata penyepian sejak Selasa (12/3).

Di Jatim, komunitas umat Hindu asli Jawa Timur, Hindu Tengger di wilayah Lumajang juga terlihat khidmat melaksanakan Nyepi. Untuk menghormati ibadah Nyepi, sejak Selasa (12/3) pagi lokasi wisata Gunung Bromo Tengger ditutup untuk wisatawan. 

Lokasi wisata Gunung Bromo rencananya akan dibuka kembali untuk wisatawan Rabu (13/3) pagi. Sebelumnya pada Senin lalu, umat Hindu Tengger Senduro melaksanakan Tawur Agung Kesange dan mengarak sebanyak 16 ogoh-ogoh yang kemudian dibakar pada malam harinya.

Sedangkan di Surabaya, walau pun pada hari pelaksanaan Nyepi tidak begitu terlihat. Akan tetapi sejak dua hari menjelang Nyepi kemeriahan jelang perayaan Nyepi sudah dirayakkan umat Hindu di Surabaya. 

Ketua Pelaksana Perayaan Nyepi Surabaya, Prof. Nyoman Sutantra pada perayaan Tawur Agung Kesange, kemarin mengatakan, umat Hindu di Surabaya tahun ini mendapatkan kehormatan merayakan perayaan jelang Nyepi di pusat kota Surabaya.

Di antaranya pada Ahad lalu, umat Hindu di Sruabaya merayakan Melasti di pantai Arafuru, Kenjeran Surabaya. Kemudian, jelas dia, pada Senin perayaan dilanjutkan upacara Tawur Agung Kesanga dengan kemeriahan ogoh-ogoh di tugu pahlawan, pusat kota Surabaya.

"Kami berterima kasih perayaan jelang Nyepi di kota Surabaya kali ini, yang merupakan bagian dari keharmonisan umat beragama di kota Surabaya," ujar Sutantre yang juga Dosen ITS Surabaya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement