Jumat 08 Mar 2013 21:50 WIB

19 Kelompok Mahasiswa UMY Peroleh Dana Usaha BRI

Rep: Yulianingsih/ Red: Hazliansyah
Bank Rakyat Indonesia
Bank Rakyat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 19 kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memperoleh dana pendampingan dan modal awal kewirausahaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). 19 kelompok mahasiswa ini berhasil menyisihkan 134 proposal yang diajukan ke student entrepreneurship and business incubator (SEBI) UMY.

19 kelompok ini masing-masing akan memperoleh dana sekitar Rp 50 juta dari BRI. Penyerahan dana tersebut langsung dilakukan pihak BRI dan UMY di kampus setempat, Jumat (8/3).

Dana tersebut menurut Ketua SEBI UMY, Sri Handari Wahyuningsih, akan digunakan untuk melanjutkan proposal tersebut dalam bentuk penelitian bisnis hingga menghasilkan produk bisnis.

Kelompok bisnis mahasiswa UMY yang memperoleh dana tersebut antara lain meneliti pemanfaatan limbah biji duren menjadi kripik, pembuatan sate Lele, Jagung Dendeng, Mainan edukatif, Cemilan Manggis, Pepaya Kruch, Jaket Tas, dan Angkringan SKS.

Rektor UMY Bambang Cipto mengatakan, UMY memang bertekad mencetak wirausaha muda di setiap lulusannya. Pihaknya terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memfasilitasi hal tersebut, salah satunya dengan BRI.

"Kita ingin mencetak generasi wirausaha yang bisa menjadi kelas menengah di Indonesia di tahun-tahun mendatang," tegasnya.

Sementara itu Pimpinan BRI Cabang Yogya, Triyana mengatakan, program studentpreneurship dengan UMY tersebut merupakan usaha nyata BRI untuk mencetak pengusaha.

"BRI selalu mendukung pencetakan wirausaha muda. Dengan mencari bibit-bibit muda yang mau menjadi pengusaha," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement