Sabtu 09 Mar 2013 02:07 WIB

Wah, Harga Bawang Putih Mahal Banget

 Bawang putih impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (10/12). (Republika/Prayogi)
Bawang putih impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (10/12). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON---Harga bawang putih di sejumlah pasar di Ambon naik dari Rp 32.000 menjadi Rp 40.000 per kg sementara harga bawang merah naik dari Rp 28.000 menjadi Rp 32.000 per kg karena hambatan distribusi komoditas tersebut.

Pantauan Antara di Pasar Mardika dan Pasar Nusawine pada Jumat, menunjukkan pedagang menjual bawang putih dengan harga Rp 40.000 per kg sementara bawang merah Rp 32.000 per kg.

"Harga bawang putih naik sejak Kamis sore (7/3) dari Rp 32.000 menjadi Rp 40.000 per kg, jadi kalau mau membeli silakan dan harga ini berlaku untuk semua pedagang yang ada di Pasar Mardika maupun Pasar Nusaniwe," kata Hamid, pedagang bawang yang menempati salah satu ruko Pasar Mardika Ambon.

Harga bawang merah juga naik dari Rp 28.000 menjadi sekitar Rp 32.000 per kg namun harga bervariasi, misalnya bawang merah yang lebih kecil dijual dengan harga Rp 30.000 per Kg.

"Kantong kaget saja nyong" kata Mery dengan dialek Ambon, yang terpaksa harus membeli masing-masing satu kg bawang merah dan putih.

Hamid menjelaskan bawang putih maupun bawang merah yang dia jual didatangkan dari Surabaya oleh sejumlah distributor. Karena itu kalau terjadi perubahan harga di tingkat distributor, akan berdampak ke pedagang eceran.

"Biasanya para pedagang membeli langsung dari distributor tapi saat ini terpaksa harus beralih ke pihak lain karena kiriman dari Pulau Jawa belum sampai di Kota Ambon sehingga stok di distributor pun habis.

Menurut Hamid, kenaikan harga bawang ini bukan saja di Ambon tetapi di sejumlah daerah di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement