Kamis 07 Mar 2013 17:19 WIB

Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Mulai Dibongkar

Rep: Amri Amrullah/ Red: Hazliansyah
Para penumpang kapal yang turun dari kapal yang merapat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Didik Kusbiantoro
Para penumpang kapal yang turun dari kapal yang merapat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Proses pembangunan terminal penumpang modern di Pelabuhan Tanjung Perak mulai dilakukan. Terminal penumpang lama kini mulai dibongkar.

Dua alat berat dan sejumlah pekerja dikerahkan untuk membongkar terminal penumpang yang sudah digunakan sejak dekade 1980-an itu.

"Pembongkaran sudah dimulai sejak Senin kemarin, ada dua alat berat jenis backhoe disana," jelas General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Rismarture, Kamis (7/3).

Pembongkaran bangunan lama diperkirakan memakan waktu satu bulan. Rismarture mengatakan, pihaknya kini tengah mempersiapkan pelelangan pekerjaan lanjutan berupa pekerjaan mechanical dan electrical, pengadaan dua unit garbarata dan pengadaan mebelair (interior).

"Nanti akan diumumkan secara terbuka di media massa, kapan pelelangan itu akan dilakukan, kita tunggu saja, semua sedang dipersiapkan," lanjutnya.

Edi Priyanto, Kepala Humas Pelindo III mengatakan, kontraktor pelaksana pekerjaan pembangunan terminal modern, PT Hutama Karya akan memulai pembangunan terminal baru pada awal April mendatang.

Terminal nantinya akan dibangun di lahan seluas 13.273 m2 dan dapat menampung sekitar 4.000 orang. Gedung itu juga akan dilengkapi fasilitas modern yang sering dijumpai di bandar udara.

"Nanti ada garbarata (tangga belalai-red), pengecekan bagasi, metal detector, dan sejumlah alat-alat lain yang selama ini kita jumpai di bandar udara,” paparnya.

Pembangunan terminal penumpang modern tahap I beserta kelengkapannya diperkirakan akan mengbiskan dana sekitar Rp 115 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement