Rabu 06 Mar 2013 20:33 WIB

Jokowi Resmikan Rute APTB Rawamangun-Bogor

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Djibril Muhammad
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan rute baru Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Rawamangun-Bogor. Rute APTB baru ini dioperasikan pihak swasta, yaitu PT Sinar Jaya Megah Langgeng.

Sebagai simbol peresmian, Jokowi menjajal naik bus APTB yang berwarna biru itu dari Terminal Rawamangun. Kemudian ia turun di Halte UNJ dan kembali ke balai kota dengan menggunakan mobil dinas. 

"Tadi saya nanya sama tiga penumpang. Mereka naik APTB karena bisa turun di halte busway dan pindah naik busway tanpa dipungut biaya lagi," ujar Jokowi usai turun dari bis APTB, Rabu (6/3).

Menurut Jokowi, pengoperasian APTB pihak swasta itu karena memang mereka melihat jalur ini sebagai sesuatu yang menguntungkan. "Kita baru buka di Bekasi, Bogor, dan Tangerang. Nah nanti kalau lihat ada peluang (pihak swasta) pasti akan masuk," ujar dia lagi. 

Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono mengatakan rute APTB baru ini memiliki panjang lintasan 52 kilometer. Pada tahap awal, kata dia, sudah ada 10 armada bus yang siap beroperasi.

"Bus APTB ini tanpa subsidi dari pemerintah, milik mereka (pihak swasta) sendiri. Mereka hanya minta ijin untuk melintasi jalur busway," jelas Udar.

Udar menambahkan, APTB baru ini terintegrasi dengan dua koridor busway, yaitu koridor empat Pulogadung-Dukuh Atas, dan koridor sembilan Pinang Ranti-Pluit. Dengan demikian, penumpang APTB bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan busway yang ada di koridor itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement